Try Out UMPN : Berhasil Capai 750 Peserta, 2017 Targetkan Tembus Angka 1000



EEPIS Online – Seperti ditahun-tahun sebelumnya, kegiatan try out Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) kembali dihelat untuk mempersiapkan para calon mahasiswa saat mengahadai tes UMPN yang rencananya akan diselenggrakan dikemudian hari. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya turut menggelar kegiatan tersebut pada 21 Februari 2016. Jumlah pendaftar ditahun ini meningkat pesat, namun kuota dibatasi hanya mencapai 750 peserta karena jumlah ruang yang kurang memadahi. Walau begitu, pihak panitia mentargetkan ditahun depan dapat menembus angka 1000 orang peserta.

Pendaftaran yang dibuka sejak 21 Januari-18 Februari 2016 lalu, ternyata disambut baik oleh antusiasme masyarakat. Namun tidak semua pendaftar dapat mengikuti jalannya try out, hal ini dikarenakan jumlah ruang yang tidak memadahi. Panitia mentargetkan 25 ruangan yang akan digunakan, namun dikarenakan ruang kelas digedung pasca sarjana belum dapat digunakan untuk kegiatan non akademis, maka hanya 22 ruangan yang dapat digunakan pada hari H. Alhasil, kuota peseta-pun dibatasi hanya 750 orang pendaftar pertama. 

Berbagai perkembangan tampak pada ajang nasional kali ini, baik dari bobot soal hingga event-event khusus yang ditambahkan untuk meramaikan jalannya kegiatan. Refrensi soal tidak hanya didapat dari soal-soal UMPN ditahun sebelumnya. Kali ini, soal dimodifikasi dengan beberapa soal SBMPTN dan soal dari mancanegara. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan bobot soal agar para peserta dapat terbiasa dengan karakteristik soal yang terbilang sulit. 

Kegiatan try out yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB, dilanjutkan dengan penyampaian materi di ruang teater. Para peserta dibekali dengan informasi tentang kamus PENS, cara pendaftaran baik melalui jalur PMDKPN, UMPN dan SiMandiri PENS. Dr. Indra Adji S S.T, M.T yang sempat memberikan sambutan turut menyampaikan jadwal pelaksanaan pendaftaran masuk perguruan tinggi baru hingga jadwal pengumuman dari berbagai jalur pendaftaran. 

Rizky, salah seorang peserta try out  asal SMAN 7 Surabaya berpendapat bahwa materi yang disampaikan sangat membantunya untuk memilih jalur pendaftaran dan perguruan tinggi yang akan dituju. Hal senada disampaikan oleh Ervan, siswa asal SMK Farmasi Surabaya yang rencananya ingin mendafatarkan diri di kampus PENS. 

“Sekarang ingin masuk kampus PENS dijurusan Mekatronika. Soalnya keren aja bisa bikin robot, berhubung aku anaknya suka bikin program dikomputer sejak SMP,” ujar pemuda yang mengikuti try out bersama lima kawannya.   

Seusai menerima materi para peserta dapat mengikuti serangkaian acara hiburan yang diselenggarakan di lapangan merah. Terdapat 18 stan bazar yang berjajar rapi disekeliling lapangan merah. Para peserta juga dapat mengikuti kontes selfie on the spot dengan hadiah langsung bagi tiga orang terpilih. Acara ditutup dengan pembagian sertifkat dan pemberian hadiah berupa uang tunai bagi peraih tiga skor tertinggi dalam try out  kali ini. 

“Semoga pesertanya bisa tembus angka 1000 karena antusiasnya besar sekali dan makin bertambah ditiap tahun, semoga soal makin berbobot, PENS terkenal diluar & acara makin menarik,” ungkap Olyn selaku penanggung jawab kegiatan.


Sumber : http://www.pens.ac.id/

0 Response to "Try Out UMPN : Berhasil Capai 750 Peserta, 2017 Targetkan Tembus Angka 1000"

Post a Comment